Luqman Marzuki

Luqman Marzuki writes about anything



Kemang Festival 2009 Review

Kemang Festival 2009 Review

I was there at the second day of Kemang Festival 2009 at Jalan Raya Kemang. Arriving late at the afternoon gave little chance to shoot candids. But anyway, it's a good experience. Read the rest in Indonesian.

Gw kirain bakal macet total disana, tapi untungnya nggak. Markir mobil di gedung sebelah restoran D'cost, bayar seikhlasnya lagi waktu keluar. Jadi total parkir: Rp. 10.000. Lumayan lah, gw baca di blog lain ada yang ngeluarin sampe Rp. 20.000,- Parkir mobil OK, tapi ngeliat parkiran motor itu semrawut banget & saling tumpuk. Motor yang paling dalem kayaknya ngga bisa keluar sebelum yang halangin pada keluar semua dulu.

Waktu masuk dari arah D'cost, gerbang Kemang Festival yang pertama tulisannya 'Stand Kerakyatan'. Lucu juga ada segmentasinya. Emang sih, barang-barang yang dijual di ujung yang satu dengan yang lainnya rada beda. Ada yang makannya kerak telor pake teh manis dan ada yang makannya kebab dengan bir bintang.

Slings at Kemang Festival
Slings at Kemang Festival

Barang-barang yang dijual di setiap stand kebanyakan monoton. Bahkan ada yang gw liat sama. Ada yang seru, stand itu nawarin radio-radio jaman dulu. Harganya variasi, ada yang rp.1.600.000,- & rp.2.200.000,- Trus ada jute bag yang gw bener-bener naksir tapi ngga beli soalnya harganya rp.300.000. Gambarnya sih emang hand-painted, tapi gw mana bawa duit segitu. Tempatnya kelihatan ngga layak untuk belanja barang yang 1 itemnya seharga lebih dari rp.100.000,-

Pengunjungnya rame dan bervariasi dari orang bule, anak muda, dan tukang ojek depan. Yang gw was-was disitu adalah copet atau jambret. Tapi petugas keamanan disitu cukup banyak dan panitia yang lalu lalang juga banyak jadi rasa khawatirnya cukup terobati.

Ada 3 stage disitu, dari kecil banget sampe gedenya menuhin 3/4 lebar jalan. Gw ketemu ex-band mates gw lagi manggung disitu, Akhila. Mereka nempatin panggung yang di tengah. Cool performance guys!

Akhila - Dado Akhila - Jason

Akhila - Kanda
Akhila - Live at Kemang Festival

Setelah maghrib dan matahari tenggelam, lucunya area yang paling terang itu di Stand Kerakyatan. Stand Festivalnya malah remang-remang. Lensa tele yang gw bawa bener-bener susah dipake soalnya crowdsnya banyak banget dan untuk ngeshoot jarak jauh selalu dihalangin sama orang. Tahun depan kalo ke Kemang Festival lagi gw bakal pake lensa pendek. Orang-orang disitu, pedagang atau pengunjung, kelihatannya ok-ok aja untuk diambil fotonya.

Foto-fotonya kurang banyak, soalnya gw kebanyakan ngambil pake kamera film gw yg lensanya pendek. Jadi bakal gw update lagi fotonya setelah gw cuci + scan roll filmnya.

Words & Images: mantosz